LAPORAN IDENTIFIKASI, TINDAKLANJUT, DAN MONITORING TINDAKLANJUT PENGADUAN MASYARAKAT SEMESTER II 2022

  1. Pendahuluan

Dinamika sosial dan budaya di masyarakat merupakan bagian yang perlu diselaraskan dengan bentuk pelayanan  dari  pemerintah.  Di  era  revolusi industri 4.0 yang menuntut ketersediaan informasi dan pelayanan publik untuk lebih cepat dan baik mendorong pemerintah melakukan terobosan-terobosan agar semakin efektif dan  efisien.  Tentu  hal  tersebut  memberikan  dampak  bagi ketersediaan sumber daya manusia yang mampu memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pelayanan publik yang informatif dan komunikatif.

Seluruh elemen aparatur sipil Negara (ASN) dituntut berkinerja secara optimal dan professional, proaktif, peka, dan peduli serta dinamis demi mewujudkan pelayanan prima guna mendorong pelaksanaan Reformasi  Birokrasi di lingkungannya. Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum  dan Hak Asasi Manusia Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan unsur penyelenggara Negara berusaha untuk melayani masyarakat dan menjamin bebas KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) sehingga terwujud pelayanan yang transparan dan akuntabel di bidang hukum dan hak asasi manusia.

Amanat peraturan perundang-undangan mewajibkan setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) memberikan pelayanan kepada masyarakat selaku unsur pengawasan penyelenggaraan pemerintahan yang dimaksudkan dapat mewujudkan akuntabilitas publik menuju ASN yang  bersih  dan  berwibawa  serta bebas dari KKN.

Bahwa hak untuk mendapatkan pelayanan merupakan harapan bagi warga masyarakat atas permasalahan yang disampaikan kepada instansi pelayan  publik khususnya lingkup Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Boalemo guna mendapatkan penyelesaian secara tuntas dan mendapatkan kepastian hukum.

 

B.  Latar Belakang

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Boalemo telah secara berkesinambungan terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Salah satu bentuk upaya peningkatan kualitas pelayanan, dilakukan melalui penanganan pelaporan masyarakat yang masuk melalui surat cetak, surat elektronik/email, website dinas sosia; dan pmd terkait pemberian layanan di Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Boalemo.

Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik merupakan sarana aspirasi dan pengaduan masyarakat yang pada pelaksanaanya di lakukan oleh dinas sosial dan PMD melalui Website Dinas sosial dan PMD ,serta laporan secara tertulis yang dilakukan oleh penerima layanan langsung ke dinas sosial dan pmd atau melalui Wa dan tlp di 081343942414,  hal ini dapat memudahkan penerima layanan untuk melakukan respon terhadap pelayanan yang diberika oleh Dinas Sosial dan PMD dan menjadi sarana penilaian/ Pengukuran  kinerja dinas sosial dan PMD terhadap kwalitas layanan yang di berikan bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan atensi masyarakat terhadap peningkatan kualitas SDM aparatur dan alat kontrol kinerja pelayanan publik

 

.

 

C.        Identifikasi Aduan Masyarakat

Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Boalemo sebagai pelaksana program dan tugas-tugas melaksanakan ururas pemerintahan di Bidang sosial serta pemberdayaan masyarakat dan desa.

Terdapat 15 (Lima belas) Layanan publik  yang  di berikan di dinas sosial dan PMD meliputi :

  1. Rekomendasi Surat Ke terangan Terdaftar Lembaga Kesejahteran sosial
  2. Rekomendasi Izin Undian Gratis Berhadiah
  3. Rekomendasi Izin Pengumpulan Barang Dan Uang
  4. Rekomendasi Rumah Tidak Layak Huni
  5. Rekomendasi Bantuan Sosial Kelompok Usaha Bersama (KUBE)
  6. Pendampingan Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)
  7. Pelayanan Rekomendasi Pengangkatan Anak
  8. Pelayanan Rehabilitasi Penderita Cacat Dalam Panti
  9. Pelayanan Fasilitas Korban Penyalahgunaan Napza
  10. Pemberian Bantuan Bagi Korban bencana
  11. Pendampingan program Keluarga Harapan (PKH)
  12. Rekomendasi Pengasuhan Anak
  13. Rekomendasi pendampingan dan Perlindungan sosial bagi anak berhadapan dengan hukum (ABH)
  14. Bantuan Sosial Pemulangan Orang Terlantar di Perjalanan
  15. Rekomendasi surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

 

 

Pengaduan, permohonan informasi, maupun penyampaian aspirasi yang khusus ditujukan kepada Dinas Sosial dan Pmd Kabupaten Boalemo selang Tahun  2022 Semester II yakni:

 

 

 

Tabel Rekapitulasi Pengaduan Masyarakat Semester II Tahun 2022

 

 

NO

 

ISI LAPORAN

TAHUN PELAPORAN MEDIA PENGADUAN JUMLAH LAPORAN  

KETERANGAN

  1 Permohonan Jaminan Kesehatan 2022 semester II Whatsapp 15      Terselesaikan
  2 Permohonan Jaminan Kesehatan   2022 semester II Tatap muka dinsos          116    TERSELESAIKAN

 

 

Dari tabel diatas, maka tampak bahwa pengaduan atas pelayanan publik di tahun 2022 semester II sejumlah 131 dan terselesaikan dan terlaksana sesuai dengan Standar Pelayanan .

 

 

D.       Tindak Lanjut Terhadap Pengaduan Masyarakat

 

Berdasar laporan semester II Tahun 2022, tim pengelolaan pengaduan pelayanan publik melakukan evaluasi atas kinerja pelayanan publik untuk semakin meningkatkan kualitas layanan.

Dari hasil pemantauan dan evaluasi terhadap tindak lanjut pengaduan Semester II Tahun 2022, maka tim pengelola pelayanan pengaduan pada dinas sosial dan PMD Kabupaten Boalemo mengambil langkah-langkah pemecahan permasalahan yang timbul atas ketidakpuasan terhadap pelayanan masyarakat.

Meskipun segala permasalahan terkait laporan pengaduan masyarakat dapat teratasi dengan baik bukan berarti pelayanan publik di lingkungan  sudah berjalan dengan baik, namun masih terus menerus dipantau dan diikuti dengan pembaruan kebijakan maupun standar operasional pelayanan turunan dari SOP yang ada di dinas sosial dan PMD Kabupaten Boalemo.

 

E.        Penutup

Dalam memberikan pelayanan secara optimal, maka  setiap  unit kerja selalu melakukan perbaikan pelayanan publik serta mengevaluasi kinerja dari masing-masing petugas pelayanan. Kemampuan petugas dalam melakukan pelayanan juga perlu ditingkatkan dan pimpinan harus secara rutin memberikan knowledge sharing kepada seluruh pegawai apabila ada kebijakan terbaru dari  pusat.

Petugas pelayanan publik perlu untuk selalu menunjukkan performa terbaiknya dengan menerapkan prinsip Senyum, Salam, dan Sapa sehingga memberikan kesan bahwa instansi tersebut telah bersikap profesional dan prima. Selain itu diharapkan unit kerja selalu memanfaatkan media sosial, laman/website satuan kerja, surat kabar, dan media informasi lainnya agar

masyarakat dapat lebih memahami ruang lingkup pelayanan unit kerja tersebut.

 

Demikian laporan ini disampaikan sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi atas pelayanan publik di lingkungan Dinas sosial dan PMD Kabupaten Boalemo. Atas perhatiannya diucapkan terimakasih.

 

TILAMUTA, Januari 2023

Kepala Dinas,

 

 

Dra.Monru Mopangga

NIP. 196609301997022002

 

LAMPIRAN

REKAPITULASI PENGADUAN MASYARAKAT  SEMESTER II 2022

 

 

NO

MEDIA PENGADUAN  

KET.

DATANG SENDIRI WHATSAPP EMAIL WBS
1 116 15 0 0 Terselesiakan

 

 

 

TILAMUTA, Januari 2023

Kepala Dinas ,

 

 

Dra.Monru Mopangga

NIP. 196609301997022002

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *