HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM) UNTUK PELAYANAN DINAS SOSIAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA TAHUN 2022

Dinas Sosial  dan PMD Kabupaten Boalemo melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) sesuai  Dengan PERMENPAN No 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan  Survei Kepuasan Masyarakat pada unit penyelenggara pelayanan publik. Adapun  Tujuan Survei Kepuasan Masyarakat adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan. SKM dapat digunakan  bahan  penetapan  kebijakan  kedepan atas  hasil  Survei Kepuasan Masyarakat yang telah dilakukan serta mendorong dan memotivasi unit pelayanan agar selalu menjaga dan meningkatkan fungsi dan kinerja pelayanan.

Survei ini dilakukan pada jenis layanan yang ada di Dinas Sosial dan PMD yaitu:

  1. Layanan Rekomendasi Rumah Tidak Layak Huni
  2. Layanan Pendampingan penyaluran bantuan pangan non tunai (BPNT)
  3. Layanan Rekomendasi surat keterangan terdaftar lembaga kesejahteraan sosial (LKS)
  4. Layanan Rekomendasi Izin Pengumpulan Barang dan Uang
  5. Layanan Bantuan Sosial Kelompok Usaha Bersama
  6. Layanan Rekomendasi Pengangkatan Anak
  7. Layanan Rehabilitasi Penderita  cacat dalam Panti
  8. Layanan Fasilitas Korban Penyalahgunaan Napsa
  9. Layanan Pemberian Bantuan Bagi Korban Bencana
  10. Layanan Pendampingan Program Keluarga Harapan
  11. Rekomendasi Pengasuhan anak
  12. Rekomndasi Pendampingan Anak Berhadapan Dengan Hukum
  13. Bantuan Sosial Pemulangan Orang Terlantar Di Perjalanana
  14. Penaganan Anak Jalanan dan aanak Terlantar
  15. Pengiriman dan pendampingan Pekerja social bagi penyandang disabilitas Mental ke RSJ dan Panti social
  16. Pendampingan Pekerja social tuna social dan wanita rawan social
  17. Sistem layanan rujukan terpadu
  18. Rekomendasi Pencairan dana Desa dan ADD

Indikator yang diukur dalam survei ini  diantaranyan adalah: Persyaratan, Prosedur Waktu Pelayanan, Biaya/Tarif, Produk Layanan, Kompetensi Pelaksana, Perilaku Pelaksana, Sarana dan Prasarana dan  dan yang terakir Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan.

Berdasarkan survei tersebut Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan Dinsos Sosial dan PMD sebesar 85.73 termasuk dalam kategori kinerja B (Baik).

Dinas Sosial  dan PMD Kabupaten Boalemo berterima kasih kepada masyarakat yang telah membantu memberikan penilaian dan masukan melalui Survei Kepuasan Masyarakat. Masukan tersebut sangat bermanfaat untuk kemajuan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan oleh Dinas Sosial Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Boalemo. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *